VISI KOTA METRO

Terwujudnya Kota Metro Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya

 

Memperhatikan visi diatas maka ada 4 pokok visi yang akan menjadi inti dalam pelaksanaan pembangunan 5 tahun ke depan . Adapun pokok pokok visi tersebut adalah :

1. Kota Metro Berpendidikan

Kota Metro Berpendidikan diwujudkan dengan membentuk  Generasi Emas Metro Cemerlang (GEMERLANG), yaitu  masyarakat cerdas yang mempunyai daya saing di tingkat  nasional dan global dengan mengedepankan nilai-nilai agama  dan ideologi Pancasila.

2. Kota Metro Sehat

“ Kota Metro Sehat diwujudkan dengan membangun masyarakat yang sehat secara  jasmanirohani dan sehat secara sosial. Dengan fisik dan jiwa sehat, diharapkan  masyarakat dapat berinteraksi sosial tanpa membeda-bedakan ras, suku, agama, atau  kepercayaan, status sosial, ekonomi, politik dengan tetap mengedepankan nilai-nilai  agama, budaya dan kearifan lokal. Metro Sehat akan dilaksanakan melalui peningkatan  derajat kesehatan, peningkatan kehidupan beragama dan budaya gotong-royong.”

3. Kota Metro Sejahtera

“ Kota Metro Sejahtera merupakan kondisi masyarakat Kota  Metro yang makmur dengan pendapatan yang baik  sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan jasani,  rohani dan sosial untuk dirinya, keluarga dan  masyarakat. Kota Metro Sejahtera akan diwujudkan  melalui penguatan perekonomian lokal yang menjadi  sumber utama mata pencaharian masyarakat Kota Metro.

Penguatan perekonomian lokal dilakukan dengan  membentuk masyarakat yang produktif dan berdaya  saing melalui pengembangan ekonomi kreatif dan  pemanfaatan teknologi informasi.”

4. Kota Metro Berbudaya

“ Kota Metro Berbudaya merujuk pada  perilaku masyarakat Kota Metro agar  memiliki dan secara alamiah  mengedepankan sikap yang berbudaya  dalam kehidupan sehari-hari. Berbudaya  akan diwujudkan melalui penanaman  nilai-nilai budaya dalam kehidupan  sosial, ekonomi, politik maupun dalam  sistem pemerintahan sehingga mampu  beradaptasi dengan perubahan global  tanpa menghilangkan jati diri sebagai  anak bangsa. 

 

MISI KOTA METRO

  1. MEWUJUDKAN KUALITAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN YANG BERDAYA SAING DI TINGKAT NASIONAL DAN GLOBAL DENGAN MENJUNJUNG TINGGI NILAI KEAGAMAAN.
  2. MEWUJUDKAN MASYARAKAT SEHAT JASMANI, ROHANI, DAN SEHATA SECARA SOSIAL
  3. MENINGKATKAN KUANTITAS DAN KUALITAS INFRASTRUKTUR FISIK SECARA EFEKTIF, EFESIEN, BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN   BERKELANJUTAN.
  4. MENINGKATKAN MASYARAKAT PRODUKTIF , BERDAYA SAING DALAM BIDANG TEKNOLOGI , INOVASI DAN EKONOMI KREATIF.
  5. MEWUJUDKAN TATA KELOLA PEMERINTAH YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE), TERHORMAT, DAN BERMARTABAT.